banner 728x250

Stanislaus Riyanta : DOB Wujudkan Pemerataan Pembangunan, Justru Kehadiran Negara Jauh Lebih Intens

1.342 x dibaca
banner 120x600
banner 468x60

Jakarta – Pengamat Intelijen dan Keamanan Stanislaus Riyanta menilai pro dan kontra adanya kebijakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan kelanjutan Otsus Papua jilid 2 adalah hal yang wajar.

Namun, Stanislaus mengakui DOB memiliki tujuan yang baik supaya pembangunan lebih merata.

banner 325x300

“Pro kontra atas suatu kebijakan itu wajar. DOB tujuannya baik, supaya pembangunan lebih merata dan kehadiran negara di masyarakat bisa lebih intens,” tegas Stanislaus, hari ini.

Namun, kata dia, diduga ada pihak tertentu yang akan terganggu dengan DOB dan makin intensnya kehadiran negara. Salah satunya adalah kelompok OPM/KKB, karena hadirnya negara akan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat terhadap pemerintah dan implikasinya menggerus ruang bagi OPM/KKB.

“Dialog harus terus dilakukan terutama kepada masyarakat, agar masyarakat yakin dan mau bekerja sama dengan pemerintah,” kata dia.

Dikatakannya, dialog terhadap masyarakat perlu lebih intens, pemerintah sebaiknya hadir ke Papua untuk mendengar aspirasi masyarakat. Di sisi lain, kata dia, secara paralel aparat keamanan harus memastikan masyarakat terlindungi.

“Jika ada pihak yang mengganggu masyarakat terutama yang melakukan aksi bersenjata hingga menimbulkan korban maka aparat harus bertindak tegas,” ujar Stanislaus.

Stanislaus berpesan agar pendekatan dialog harus lebih ditingkatkan, namun perlindungan terhadap masyarakat terutama dari aksi kelompok bersenjata tidak boleh ditinggalkan.

“Permasalahan di Papua tidak mudah, perlu kerja keras dan kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan masyarakat,” tandasnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.